Sondag 08 Junie 2014

MATERI YANG BERHUBUNGAN DENGAN SEMANTIK PADA BUKU PAKET SMP DAN SMA



MATERI SEMANTIK DALAM BUKU PAKET SMP DAN SMA PENERBIT KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA 2013

1. Hal  36 materi yang berhubungan dengan semantik ialah yang berhubungan dengan penamaan dan pendefenisian yang berupa mengetahui bagian-bagian yang berupa identifikasi, klasifikasi/deskripsi, dan deskripsi bagian pada teks deskripsi  "Tari Saman".

    Hal 51 materi yang berhubungan dengan semantik ialah yang berhubungan dengan penamaan dan pendefenisian yang berupa mengetahui bagian-bagian yang berupa identifikasi, klasifikasi/deskripsi, dan deskripsi bagian pada teks deskripsi  "Pantun Indonesia".
2. Hal 95 materi yang berhubungan dengan semantik yaitu pada penyusunan teks eksposisi "Teknologi Tepat Guna" menggunakan alat kohesi. Kohesi adalah keterpaduan yang dicapai melalui pemilihan kosakata. Kohesi leksikal dapat berbentuk, antara lain dengan pengulangan, sinonim, hipononim, dan antonim.
   3. Pelajaran semantik yang mempelajari tentang penyebutan bagian terdapat pada halaman 7 dari buku kurikulum 2013, disebutkan bahwa untuk memahami setiap paragraf harus memperhatikan tiga hal diantaranya: definisi umum, deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat.
4.  Pelajaran semantik yang mempelajari makna kata dan makna istilah yang terdapat pada halaman 27 dalam buku kurikulum 2013, yang menjelaskan bahwa memahami teks dan mancari makna kata yang ada dalam karangan dan mendeskripsikan sendiri serta mencarinya dalam kamus.
5. pelajaran semantik yang mempelajari makna puisi sutarji calzom bahri pada halaman 60 dalam buku paket bahasa indonesia kurikulum 2013, yang memerintahkan murid untuk memaknai bait-bait puisi dan mengintepretasikannya dalam bentuk teks.

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking